Cerita #Cinta Rupiah


 
Cita rupiah, aku gak tau gimana cara mencintai rupiah. Kalo ditanya cinta semua orang juga pasti cinta, siapa sih yang gak cinta sama uang. Mungkin kata cinta disini bisa diartikan menghargai. Gimana cara kita menghargai uang. 

Ada banyak orang yang belum bisa sepenuhnya menghargai uang. Contohnya kaya mereka coret-coret uang, gak suka sama uang receh/koin. Rupiah emisi 2016, aku pribadi sih cinta banget karna menurut aku design nya itu udah modern banget, tapi ada banyak orang juga yang belum bisa bedain uang yang baru, eh ini seratus ribu yaa aku kira uang sepuluh ribu. eh ini uang seribu sorry aku kira dua ribu. Padahal warnanya udah sama tapi tetep gak bisa bedain, aku pribadi sih juga sering gitu mungkin karna belum biasa aja. Rupiah emisi 2016 masih baru, semua orang masih cinta, uang emisi 2016 belum pernah aku temuin yang kucel, lusuh, gembel, dicoret-coret. Bahkan temenku aja uang yang emisi 2016 masih wangi didalam dompet. 

Gak tau deh nanti apa nasib uang rupiah emisi 2016 bakal sama dengan uang sebelum-sebelumnya. Kalo bicara uang koin, ada banyak banget orang yang gengsi kalo bawa uang koin. Mereka malu karna uang koin itu berisik kalo ada dikantong. Mending gak usah pake kembaliannya deh mbak kalo kembaliannya koin. Karna orang-orang seperti merekalah membuka peluang swalayan untuk mendonasikan kembalian koin atau diganti dengan permen. Kalo kembaliannnya permen mungkin lebih bisa diterimalah, tapi aku suka gak percaya kalo si mbak swalayannya bilang didonasikan karna aku pribadi gak pernah liat spanduk didepan swalayan yang berisi pembuktian kalo uang itu didonasikan. 

Dan itu berlangsung lama, tapi ada juga orang yang cinta sama uang koin, mereka protes kenapa kembaliannya pake permen, kan belanjanya pake uang seharusnya kembaliannya juga pake uang. Jadi serba salah si mbak swalayan. Jadi sekarang diswalayan ada permen dan koin, bagi yang gak mau koin yaa dikasih permen. Kalo orang-orang yang perhitungan mereka akan mikir lebih baik ambil koin, kalo ambil permen swalayannya dapat untung dari permen itu. Dan rata-rata kotak amal yang ada di swalayan isinya koin semua. Taulah yang masukin siapa. Aku pribadi suka banget sama koin emisi 2016 karna angka dikoinnya lebih  gede dari koin yang sebelumnya, tapi dari segi tampilan dan enak dipegang aku suka koin seribu yang ada gambar angklungnya, koinnya licin, itu the best koin sih bagi aku, kenapa gak semua koin dibikin kaya gitu. Kalo yang versi lamanya itu koin lima ratus yang warna kuning itu licin juga aku suka. 

Waktu pertama kali aku ketemu sama uang seribu koin itu aku dapet dari jajanan, aku pikir itu koin mainan dan gak laku yaa aku simpen aja dirumah, tapi setelah beberapa bulan kemudian koin itu udah banyak , aku baru percaya kalo itu koin bukan mainan. Kalo kebanyakan orang risih denger suara koin. Kalo aku pribadi seneng pake banget, berisiknya suara koin kalo ada didalam celengan itu lucu menurut aku, aku suka mainan koin, liatin koin dibolak-balik padahal yang aku liat yaa itu-itu aja, angka dan gambar. Ibu aku sering bilangin ke aku, yang masuk celengan itu uang kertas aja, ngapain koin dimasukin berisik, nilainya juga kecil. Dan sampe sekarang aku gak pernah nurutin apa kata ibuku, padahal isi koin dicelengan Cuma 3 tapi rame, biar kedengaran banyak aja padahal Cuma sedikit. Aku gak pernah nambah jumlah koin dicelengan aku, karna kalo banyak-banyak suaranya gak lucu lagi menurut aku. Dan kebiasaan orang Indonesia kalo ketemu koin pasti buat kerokan sehingga koin yang udah lama-lama itu sampe gak keliatan lagi angkanya udah item-item, tau lah itu apa. Ada banyak orang juga yang kalo ketemu koin dijalan mereka pura-pura gak liat, itu uang loh jangan dilihat dari harganya, mungkin sekarang koin 100 rupiah emang gak dapet apa-apa, orang tua dulu pasti tau lah segede apa harga 100 rupiah bisa dapet nasi.

 Waktu itu aku juga pernah liat berita ditv, ada orang yang beli motor bayarnya pake koin, aku salut banget sama orang yang nabung, aku gak bisa bayangin gimana uang koin itu bisa terkumpul sebegitu banyaknya tanpa tercecer, dan dia tau jumlahnya dan itu wow banget menurut aku, dan aku juga salut sama daelernya yang mau nerima pembayaran dengan uang koin kaya gitu. Berarti mereka itulah orang-orang yang menurut aku cinta rupiah, itulah bukti cinta sesungguhnya, meskipun nilainya kecil tapi mereka tidak mengabaikan. Mungkin nanti bank indonesia punya rencana untuk membuat uang koin yang nominalnya besar, agar koin itu tidak diremehkan lagi sama orang-orang.

Tags:

Share:

4 komentar