SAP STATISTIK PENDIDIKAN STAI SMQ BANGKO



STATISTIK PENDIDIKAN

1.       IDENTITAS MATA KULIAH
  • Þ    Nama Mata Kuliah           : Statistik Pendidikan
  • Þ    Kode Mata Kuliah            :
  • Þ    Jumlah SKS                     : 
  • Þ    Semester                         :
  • Þ    Kelompok Mata Kuliah     : Mata Kuliah Dasar Umum
  • Þ    Program Studi                  : Manajemen Pendidikan Islam
  • Þ    Jenjang Program             : S-1
  • Þ    Dosen/Asisten                  : Ahmad Arpandi, S.Pd.I

2.       TUJUAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa IAIDU Asahan diharapkan mampu menjelaskan konsep statistika deskriptif dan statistika inferensial serta mampu mengaplikasikannya untuk kepentingan pengolahan, analisis data, dan pengujian hipotesis dalam bidang penelitian Pendidikan Agama Islam atau Manajemen Pendidikan Islam.

3.       DESKRIPSI ISI
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum dan wajib bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIDU Asahan. Selesai mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memahami konsep statistik deskriptif dan inferensial serta mampu mengaplikasikannya untuk kepentingan pengolahan data dan pengujian hipotesis dalam penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) atau Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
Konten materi kuliah meliputi:  
1)       Pengertian statistik, statistika dan statistik pendidikan, data statistik dan data statistik kependidikan
2)       Penggolongan statistik (deskriptif dan inferensial), Pengumpulan data statistik kependidikan
3)       Pengertian frekuensi, distribusi frekuensi, tabel distribusi frekuensi
4)       Membuat tabel distribusi frekuensi data tunggal dan kelompok
5)       Grafik sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi
6)       Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik Poligon
7)       Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik Histogram
8)       Pengertian mean, median, modus, quartil, decile dan percentile
9)       Penghitungan mean, median, modus, quartil, decile dan percentile
10)   Pengertian Ukuran Penyebaran Data
11)   Macam-macam Ukuran Penyebaran Data (range, deviasi, varians)
12)   Menghitung Range, Keunggulan/ kelebihan dan kekurangan range
13)   Pengertian Deviasi, Menghitung Deviasi Rata-rata, Menghitung Deviasi Standar
14)   Keunggulan/ kelebihan dan kekurangan deviasi
15)   Pengertian populasi dan sampel
16)   Pengertian teknik sampling (Probability Sampling dan Non Probability Sampling)
17)   Macam-macam teknik sampling
18)   Pengertian valid dan reliabel
19)   Menghitung validitas suatu instrumen
20)   Menghitung reliabilitas suatu instrument

4.       PENDEKATAN PEMBELAJARAN
  • Þ    Metode : Expository & Inquiry, Tanya Jawab. Diskusi.
  • Þ    Tugas : membuat laporan perkuliahan/pendalaman materi untuk setiap topik bahasan, kerja kelompok.
  • Þ    Media : OHP, LCD/Power point

5.       KOMPONEN EVALUASI
·         Kehadiran/Tatap Muka               : 20 %
·         Tugas terstruktur                        : 30 %
·         Ujian Tengah Semester              : 20 %
·         Ujian Akhir Semester                  : 30 %
Total                                             : 100 %


6.       RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN

No.
KOMPETENSI DASAR
POKOK BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
1.
Dapat menjelaskan pengertian statistik, statistika, statistik pendidikan, data statistik, data statistik kependidikan, penggolongan statistik dan pengumpulan data statistik kependidikan
Statistik, dan statistik pendidikan
·         Pengertian statistik, statistika dan statistik pendidikan
·         Pengertian data statistik dan data statistik kependidikan
·         Penggolongan statistik (deskriptif dan inferensial)
·         Pengumpulan data statistik kependidikan
2.
Dapat menjelaskan masalah distribusi frekuensi, dan mampu membuat tabel distribusi frekuensi, grafik sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi, distribusi frekuensi dalam bentuk grafik poligon, dan histogram
Distribusi Frekuensi
·         Pengertian frekuensi, distribusi frekuensi, tabel distribusi frekuensi
·         Membuat tabel distribusi frekuensi data tunggal dan kelompok
·         Grafik sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi
3.
Dapat menjelaskan masalah distribusi frekuensi, dan mampu membuat tabel distribusi frekuensi, grafik sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi, distribusi frekuensi dalam bentuk grafik poligon, dan histogram
Distribusi Frekuensi
·         Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik Poligon
·         Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik Histogram
4.
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung Mean, Median, Modus (Mode), Quartile, Decile, dan Percentile
Pengukuran Gejala Pusat/Nilai Pusat/Ukuran Rata-rata
·         Pengertian mean, median, modus, quartil, decile dan percentile
5.
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung Mean, Median, Modus (Mode), Quartile, Decile, dan Percentile
Pengukuran Gejala Pusat/Nilai Pusat/Ukuran Rata-rata
·         Penghitungan mean, median, modus, quartil, decile dan percentile
6.
Dapat menjawab soal Ujian Tengah Semester (UTS) dengan baik dan benar
Materi Pertemuan 1-5
·         Materi 1 – 5
7.
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung Ukuran Penyebaran Data
Ukuran Penyebaran Data
·         Pengertian Ukuran Penyebaran Data
·         Macam-macam Ukuran Penyebaran Data (range, deviasi, varians)
8.
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung Ukuran Penyebaran Data
Ukuran Penyebaran Data
·         Menghitung Range
·         Keunggulan/ kelebihan dan kekurangan range
9..
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung Ukuran Penyebaran Data
Ukuran Penyebaran Data
·         Pengertian Deviasi
·         Menghitung Deviasi Rata-rata
·         Menghitung Deviasi Standar
·         Keunggulan/ kelebihan dan kekurangan deviasi
10.
Dapat menjelaskan pengertian populasi, sampel dan dapat menentukan teknik sampling yang sesuai
Populasi dan Sampel
·         Pengertian populasi dan sampel
·         Pengertian teknik sampling (Probability Sampling dan Non Probability Sampling)
11.
Dapat menjelaskan pengertian populasi, sampel dan dapat menentukan teknik sampling yang sesuai
Populasi dan Sampel
·         Macam-macam teknik sampling
12.
Dapat menjelaskan dan menghitung validitas dan reliabilitas suatu instrumen
Validitas dan Reliabilitas
·         Pengertian valid dan reliabel
·         Menghitung validitas suatu instrumen
13.
Dapat menjelaskan dan menghitung validitas dan reliabilitas suatu instrumen
Validitas dan Reliabilitas
·         Menghitung reliabilitas suatu instrumen
14.
Dapat menjawab soal Ujian Akhir Semester (UAS) dengan baik dan benar
Materi Pertemuan 7-13
·         Materi 1 - 13


7.       DAFTAR BUKU SUMBER
Buku utama:
(1)     Ronald E. Walpole, Pengantar Statistika, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1995, Edisi ke-3
(2)     J. Supranto, Statistik Teori dan Aplikasi, Jakarta : Erlangga, 2008, Edisi ke-7, Jilid 1
(3)     Sudjana. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito. 1983
(4)     Sudjana. Metoda Statistika. Edisi Kelima. Bandung: Tarsito. 1989
(5)     Furqon, Statistika Terapan untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2001
(6)     Irianto, A. Statistik Pendidikan (1). Jakarta: Depdikbud, 1988
(7)     Nasution, A.H, Metode Statistika untuk Penarikan Kesimpulan, Jakarta: Gramedia, 1976
(8) Nurgiyantoro, B., Gunawan dan Marzuki. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2000
(9)     Siegel, S, Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Gramedia. 1997
(10) Edward, A.L. (1984). An Introduction to Linear Regression and Correlation. 2nd ed. New York: W.H. Freeman and Company.
(11) Erickson, B.H., & Nosanchuk. (1983). Memahami Data Statistika untuk Ilmu Sosial. Jakarta: LP3ES.
(12) Muin Sibuea, Statistik, Medan: Universitas Negeri Medan, 2011

Share:

0 komentar