SAP STATISTIK PENDIDIKAN STAI SMQ BANGKO
STATISTIK PENDIDIKAN
1.
IDENTITAS MATA KULIAH
- Þ Nama Mata Kuliah : Statistik Pendidikan
- Þ Kode Mata Kuliah :
- Þ Jumlah SKS :
- Þ Semester :
- Þ Kelompok Mata Kuliah : Mata Kuliah Dasar Umum
- Þ Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam
- Þ Jenjang Program : S-1
- Þ Dosen/Asisten : Ahmad Arpandi, S.Pd.I
2.
TUJUAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa IAIDU Asahan diharapkan mampu
menjelaskan konsep statistika deskriptif dan statistika inferensial serta mampu
mengaplikasikannya untuk kepentingan pengolahan, analisis data, dan pengujian
hipotesis dalam bidang penelitian Pendidikan Agama Islam atau Manajemen Pendidikan
Islam.
3.
DESKRIPSI ISI
Mata kuliah ini
merupakan mata kuliah umum dan wajib bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIDU
Asahan. Selesai mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan memahami konsep statistik deskriptif dan inferensial serta
mampu mengaplikasikannya untuk kepentingan pengolahan data dan pengujian
hipotesis dalam penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) atau
Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
Konten materi kuliah meliputi:
1) Pengertian statistik, statistika dan statistik pendidikan, data statistik
dan data statistik kependidikan
2) Penggolongan statistik (deskriptif dan inferensial), Pengumpulan data
statistik kependidikan
3) Pengertian frekuensi, distribusi frekuensi, tabel distribusi frekuensi
4)
Membuat tabel distribusi
frekuensi data tunggal dan kelompok
5) Grafik sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi
6) Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik Poligon
7) Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik Histogram
8)
Pengertian mean, median,
modus, quartil, decile dan percentile
9)
Penghitungan mean, median,
modus, quartil, decile dan percentile
10)
Pengertian Ukuran Penyebaran
Data
11)
Macam-macam Ukuran Penyebaran
Data (range, deviasi, varians)
12)
Menghitung Range, Keunggulan/
kelebihan dan kekurangan range
13) Pengertian Deviasi, Menghitung
Deviasi Rata-rata, Menghitung Deviasi Standar
14)
Keunggulan/ kelebihan dan
kekurangan deviasi
15)
Pengertian populasi dan sampel
16)
Pengertian teknik sampling
(Probability Sampling dan Non Probability Sampling)
17)
Macam-macam teknik sampling
18)
Pengertian valid dan reliabel
19)
Menghitung validitas suatu
instrumen
20)
Menghitung reliabilitas suatu
instrument
4.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
- Þ Metode : Expository & Inquiry, Tanya Jawab. Diskusi.
- Þ Tugas : membuat laporan perkuliahan/pendalaman materi untuk setiap topik bahasan, kerja kelompok.
- Þ Media : OHP, LCD/Power point
5.
KOMPONEN EVALUASI
·
Kehadiran/Tatap
Muka
: 20 %
·
Tugas
terstruktur
: 30 %
·
Ujian Tengah
Semester
: 20 %
·
Ujian Akhir
Semester
: 30 %
Total
: 100 %
6. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN
No.
|
KOMPETENSI DASAR
|
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
1.
|
Dapat menjelaskan pengertian
statistik, statistika, statistik pendidikan, data statistik, data statistik
kependidikan, penggolongan statistik dan pengumpulan data statistik
kependidikan
|
Statistik, dan statistik
pendidikan
|
·
Pengertian statistik,
statistika dan statistik pendidikan
·
Pengertian data statistik dan
data statistik kependidikan
·
Penggolongan statistik
(deskriptif dan inferensial)
·
Pengumpulan data statistik
kependidikan
|
2.
|
Dapat menjelaskan masalah
distribusi frekuensi, dan mampu membuat tabel distribusi frekuensi, grafik
sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi, distribusi frekuensi dalam
bentuk grafik poligon, dan histogram
|
Distribusi Frekuensi
|
·
Pengertian frekuensi,
distribusi frekuensi, tabel distribusi frekuensi
·
Membuat tabel distribusi
frekuensi data tunggal dan kelompok
·
Grafik sebagai alat
penggambaran distribusi frekuensi
|
3.
|
Dapat menjelaskan masalah
distribusi frekuensi, dan mampu membuat tabel distribusi frekuensi, grafik
sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi, distribusi frekuensi dalam
bentuk grafik poligon, dan histogram
|
Distribusi Frekuensi
|
·
Distribusi frekuensi dalam
bentuk Grafik Poligon
·
Distribusi frekuensi dalam
bentuk Grafik Histogram
|
4.
|
Dapat menjelaskan dan mampu
menghitung Mean, Median, Modus (Mode), Quartile, Decile, dan Percentile
|
Pengukuran Gejala Pusat/Nilai
Pusat/Ukuran Rata-rata
|
·
Pengertian mean, median,
modus, quartil, decile dan percentile
|
5.
|
Dapat menjelaskan dan mampu
menghitung Mean, Median, Modus (Mode), Quartile, Decile, dan Percentile
|
Pengukuran Gejala Pusat/Nilai
Pusat/Ukuran Rata-rata
|
·
Penghitungan mean, median,
modus, quartil, decile dan percentile
|
6.
|
Dapat menjawab soal Ujian
Tengah Semester (UTS) dengan baik dan benar
|
Materi Pertemuan 1-5
|
·
Materi 1 – 5
|
7.
|
Dapat menjelaskan dan mampu
menghitung Ukuran Penyebaran Data
|
Ukuran Penyebaran Data
|
·
Pengertian Ukuran Penyebaran
Data
·
Macam-macam Ukuran
Penyebaran Data (range, deviasi, varians)
|
8.
|
Dapat menjelaskan dan mampu
menghitung Ukuran Penyebaran Data
|
Ukuran Penyebaran Data
|
·
Menghitung Range
·
Keunggulan/ kelebihan dan
kekurangan range
|
9..
|
Dapat menjelaskan dan mampu
menghitung Ukuran Penyebaran Data
|
Ukuran Penyebaran Data
|
·
Pengertian Deviasi
·
Menghitung Deviasi Rata-rata
·
Menghitung Deviasi Standar
·
Keunggulan/ kelebihan dan
kekurangan deviasi
|
10.
|
Dapat menjelaskan pengertian
populasi, sampel dan dapat menentukan teknik sampling yang sesuai
|
Populasi dan Sampel
|
·
Pengertian populasi dan
sampel
·
Pengertian teknik sampling (Probability
Sampling dan Non Probability Sampling)
|
11.
|
Dapat menjelaskan pengertian
populasi, sampel dan dapat menentukan teknik sampling yang sesuai
|
Populasi dan Sampel
|
·
Macam-macam teknik sampling
|
12.
|
Dapat menjelaskan dan
menghitung validitas dan reliabilitas suatu instrumen
|
Validitas dan Reliabilitas
|
·
Pengertian valid dan
reliabel
·
Menghitung validitas suatu
instrumen
|
13.
|
Dapat menjelaskan dan
menghitung validitas dan reliabilitas suatu instrumen
|
Validitas dan Reliabilitas
|
·
Menghitung reliabilitas
suatu instrumen
|
14.
|
Dapat menjawab soal Ujian
Akhir Semester (UAS) dengan baik dan benar
|
Materi Pertemuan 7-13
|
·
Materi 1 - 13
|
7.
DAFTAR BUKU SUMBER
Buku utama:
(1) Ronald E. Walpole, Pengantar Statistika, Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama, 1995, Edisi ke-3
(2) J. Supranto, Statistik Teori dan Aplikasi, Jakarta : Erlangga, 2008,
Edisi ke-7, Jilid 1
(3) Sudjana. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito. 1983
(4) Sudjana. Metoda Statistika. Edisi Kelima. Bandung: Tarsito. 1989
(5) Furqon, Statistika Terapan untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2001
(6) Irianto, A. Statistik Pendidikan (1). Jakarta: Depdikbud, 1988
(7) Nasution, A.H, Metode Statistika untuk Penarikan Kesimpulan,
Jakarta: Gramedia, 1976
(8) Nurgiyantoro, B., Gunawan dan
Marzuki. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2000
(9) Siegel, S, Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta:
Gramedia. 1997
(10) Edward, A.L. (1984). An
Introduction to Linear Regression and Correlation. 2nd ed. New
York: W.H. Freeman and Company.
(11) Erickson, B.H., & Nosanchuk.
(1983). Memahami Data Statistika untuk Ilmu Sosial. Jakarta: LP3ES.
(12) Muin Sibuea, Statistik,
Medan: Universitas Negeri Medan, 2011
0 komentar