RPP (Tugas Pak Nuzli)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMPN 1 Merangin
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                        : IX / Ganjil
Materi Pokok                          : Optimis, ikhtiar, dan tawakal
Alokasi Waktu                        : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit

A.    Kompetensi Inti
·         KI1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
·         KI2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.   Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama
·   Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama
2.1.   Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait
·   Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait
3.1.   Memahami q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait
·   Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal.
·   Mengidentifikasi lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an.
·   Menyebutkan arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 menjadi terjemah secara utuh.
·   Menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·   Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
4.1.1.   Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil

4.1.2.   Menunjukkan hafalan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 serta hadis terkait dengan lancar

4.1.3.   Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159
·   Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil
·   Mendemonstrasikan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·   Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·   Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama
·         Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait
·         Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal.
·         Mengidentifikasi lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an.
·         Menyebutkan arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 menjadi terjemah secara utuh.
·         Menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·         Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·         Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil
·         Mendemonstrasikan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·         Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·         Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.

D.    Materi Pembelajaran
Ø  Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 3*9-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadits terkait

E.     Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran         : Cooperative Learning
Metode                  : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.     Media Pembelajaran
Media :
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Lembar penilaian
·         Al-Qur’an

Alat/Bahan :
·         Penggaris, spidol, papan tulis
·         Laptop & infocus

G.    Sumber Belajar
·         Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016
·         e-dukasi.net
·         Buku refensi yang relevan,
·         LCD Proyektor
·         Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
·         Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
·         Lingkungan setempat


H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.


Kegiatan Inti
Mengamati
Lembar kerja materi Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal
Pemberian contoh-contoh materi Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal


Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?


I.         Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia!

No
Pernyataan
Kebiasaan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10






Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik× 100
skor tertinggi 4


2.      Penilaian “Membaca dengan Tartil”
Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
1
2
3
4
T
TT
R
P
1











2











Dst


























Aspek yang dinilai : 1. Kelancaran                 Skor 25 → 100
                             2. Artinya               Skor 25 → 100
                             3. Isi                       Skor 25 → 100
                             4. Dan lain-lain       Skor dikembangkan
                             Skor maksimal….   100

Rubrik penilaiannya adalah:
1)        Kelancaran
a)      Jika peserta didik dapat membaca  sangat lancar, skor 100.
b)      Jika peserta didik dapat membaca  lancar, skor 75.
c)      Jika peserta didik dapat membaca  tidak lancar dan kurang sempurna, skor 50.
d)     Jika peserta didik tidak dapat membaca , skor 25

2)        Arti
a)      Jika peserta didik dapat mengartikan  dengan benar, skor 100.
b)      Jika peserta didik dapat mengartikan  dengan benar dan kurang sempurna, skor 75.
c)      Jika peserta didik tidak benar mengartikan, skor 50.
d)     Jika peserta didik tidak dapat mengartikan, skor 25.

3)        Isi
a)      Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan benar, skor 100.
b)      Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan mendekati benar, skor 75.
c)      Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan tidak benar, skor 50.
d)     Jika peserta didik tidak dapat menjelaskan, skor 25.

4)        Dan Lain-lain
Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui kriteria penilaian lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi dan kondisi yang berkembang



Bangko, 14 January 2019
Mengetahui                                                    Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                 NIP             

Share:

0 komentar