RPP (Tugas Pak Nuzli)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Merangin
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester :
IX / Ganjil
Materi Pokok : Optimis, ikhtiar, dan tawakal
Alokasi Waktu :
3 Minggu x 3 Jam Pelajaran
@40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
·
KI2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai
dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1. Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini
bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama
|
·
Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa
optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama
|
2.1. Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan
tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53:
39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait
|
·
Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal
sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s.
ali imran/3: 159 dan hadis terkait
|
3.1. Memahami q.s. az-zumar/39: 53, q.s.
an-najm/53: 39-42, q.s. ali imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan
tawakal serta hadis terkait
|
·
Memahami Q.S. az-Zumar/39:
53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159
serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal.
·
Mengidentifikasi lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an.
·
Menyebutkan arti perkata Q.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3:
159 menjadi terjemah secara utuh.
·
Menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53:
39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
· Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki
hasil penterjemahan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53:
39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
|
4.1.1. Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s.
an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil
4.1.2. Menunjukkan hafalan q.s. az-zumar/39: 53,
q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 serta hadis terkait dengan
lancar
4.1.3. Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan
tawakal dengan pesan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s.
ali imran/3: 159
|
·
Membaca
q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159
dengan tartil
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3:
159.
·
Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3:
159.
·
Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3:
159.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
diharapkan dapat:
·
Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan
tawakal adalah perintah agama
·
Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi
pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159
dan hadis terkait
·
Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3:
159 serta Hadits tentang tentang optimis,
ikhtiar, dan tawakal.
·
Mengidentifikasi lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf
al Qur’an.
·
Menyebutkan arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42,
Q.S. Áli Imrān/3: 159 menjadi terjemah secara utuh.
·
Menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli
Imrān/3: 159.
·
Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·
Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali
imran/3: 159 dengan tartil
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42,
Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·
Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
·
Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
D.
Materi Pembelajaran
Ø Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 3*9-42, Q.S. Áli Imrān/3:
159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadits terkait
E.
Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Cooperative
Learning
Metode : Tanya jawab, wawancara,
diskusi dan bermain peran
F.
Media Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
Al-Qur’an
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber Belajar
·
Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016
·
e-dukasi.net
·
Buku refensi yang relevan,
·
LCD Proyektor
·
Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
·
Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
·
Lingkungan setempat
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
Kegiatan
Inti
Mengamati
|
Lembar
kerja materi Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42,
Q.S. Áli Imrān/3: 159 serta Hadits
tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal
|
Pemberian
contoh-contoh materi Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53:
39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 serta
Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
Pemahaman
tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3:
159 serta Hadits tentang tentang
optimis, ikhtiar, dan tawakal
|
Kegiatan
Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai dengan
kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia!
No
|
Pernyataan
|
Kebiasaan
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak
Pernah
|
||
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik× 100
skor tertinggi 4
2. Penilaian “Membaca dengan Tartil”
Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai : 1. Kelancaran Skor 25 → 100
2.
Artinya Skor 25 → 100
3.
Isi Skor 25 → 100
4.
Dan lain-lain Skor dikembangkan
Skor
maksimal…. 100
Rubrik penilaiannya adalah:
1)
Kelancaran
a) Jika peserta didik dapat membaca sangat lancar, skor 100.
b) Jika peserta didik dapat membaca lancar, skor 75.
c) Jika peserta didik dapat membaca tidak lancar dan kurang sempurna, skor 50.
d) Jika peserta didik tidak dapat membaca ,
skor 25
2)
Arti
a) Jika peserta didik dapat mengartikan dengan benar, skor 100.
b) Jika peserta didik dapat mengartikan dengan benar dan kurang sempurna, skor 75.
c) Jika peserta didik tidak benar mengartikan,
skor 50.
d) Jika peserta didik tidak dapat mengartikan,
skor 25.
3)
Isi
a) Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan
benar, skor 100.
b) Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan
mendekati benar, skor 75.
c) Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan
tidak benar, skor 50.
d) Jika peserta didik tidak dapat menjelaskan,
skor 25.
4)
Dan Lain-lain
Guru dapat
mengembangkan skor tersebut jika ditemui kriteria penilaian lain berdasarkan
bentuk perilaku peserta didik pada situasi dan kondisi yang berkembang
Bangko, 14 January 2019
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Tags:
Makalah
0 komentar